SYAHRU RAMADHAN

SYAHRU ROMADHON

Dr. Suranto, M.Pd

 

Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh

Alhamdulilahiladzi nazala alaikal kitaba bil haqqi. Syahru romadhonalazi ungzila fihil quraanu hudalinasi wabayinatimianl hudaa wal furqoon. Assholatu wasalamu ala sayidina Muhammadin wa ala alihi waashabihi wamantabiannhum bi ihsan ila yaumidin.

Tiga hari ke depan Insya Allah kita akan memasuki bulan suci Ramadhan 1444 H, mudah mudahan kita semua diberikan keselamatan, kesempatan, kekuatan untuk dapat melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan tahun ini. Seperti yang sering kita panjatkan dalam doa doa kita Allahuma bariklana fi Rojaba wa sya’banna wa baligna Romadhona.

Bulan Ramadhan adalah bulan edukasi bagi umat manusia, bulan pelatihan, workshop dan training dalam mengarungi kehidupan manusia. Mengapa bulan ramadhan menjadi penting, mari kita lihat dari sisi akademik. Dalam kehidupan akademik sebelum seorang mahasiswa terjun ke tengah tengah masyarakat untuk mengamalkan ilmu yang didapatnya melalui perkuliahan, maka mahasiswa harus melewati serangkaian proses baik itu proses pembelajaran di kelas, simulasi, praktek kerja secara mikro dan lain sebagainya, pendeknya sebelum mahasiswa itu terjun ke tengah tengah masyarakat mereka harus mendapatkan pelatihan dan pembekalan. Sehingga ketika mereka benar benar terjun ke tengah tengah masyarakat mereka akan lebih siap dalam mengahadapi semua permasalahan yang terjadi.

Dalam kehidupan manusia, terdapat 12 bulan dalam satu tahun dan Allah memberikan waktu selama satu bulan bagi manusia untuk mengikuti dan menjalankan training atau pelatihan ini yaitu di bulan Ramadhan. Banyak sekali pelajaran pelajaran yang akan didapat ketika manusia mengikuti training kehidupan di bulan Ramadhan ini khususnya dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, dalam membentuk manusia seutuhnya membentuk manusia yang seharusnya. Karena hadirnya manusia ke muka bumi ini membawa misi sebagai khalifah yang akan mengatur dan mensejahterakan penghuni bumi. Untuk itu diperlukan manusia-manusia yang tangguh baik secara lahir maupun secara batin, baik secara spiritual maupun material. Satu bulan training untuk mempersiapkan kehidupan 12 bulan berikutnya.

Mari kita bersama sama mempersiapkan diri baik fisik maupun mental untuk dapat maksimal dalam mengikuti pelatihan yang dijadwalkan oleh Allah SWT. Kita wajib bersyukur karena kita masih diperkenakkan untuk menjadi peserta dalam pelatihan ini, karena banyak manusia manusia lain yang tidak dapat menjadi peserta dalam pelatihan ini. Mari kita gunakan kesempatan ini dengan sebaik baiknya dengan tujuan menjadi manusia yang seutuhnya dan menjadi insan insan yang bertakwa.

Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah menciptakan manusia manusia yang bertakwa seperti yang disampaikan di dalam Al baqarah ayat 183 “Yaaa ayyuhallaziina aamanuu kutiba alaikumush-shiyaamu kamma kutiba alallaziina ming qoblikum la’alakum tattaquun” wahai orang – orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpusasa sebagaiman diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Kalimat tersebut di atas diakhiri dengan tujuan dari diberlakukannya perintah puasa yaitu agar manusia menjadi manusia yang “bertakwa” secara sederhana dapat dikatakan “takwa” adalah menjalankan semua perintah-perintah Allah dan menjauhi semua larangan larangnnya. Namun dalam konteks yang lebih luas menjalankan semua perinah perintah Allah akan berimplikasi pada tingkah laku, ahklak dan perbuatan manusia yang nantinya akan memberikan benefit atau keuntungan baik itu untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain, baik itu di dunia maupun untuk akhiratnya kelak. Dan menjauhi larangan-larangan Allah akan berimplikasi terhindarnya manusia dari kerusakan baik pada dirinya maupun pada orang lain, baik di dunia maupun di akhirat.

Sehingga ketika Allah mempercayakan kekhalifahan diberikan kepada manusia, Allah telah memberikan petunjuk bagaimana menjadi khalifah yaitu dengan menjadi manusia yang Takwa. Dan seluruh tujuan dari ibadah atau petunjuk yang diberikan Allah tujuannya agar manusia menjadi Takwa. Karena Allah maha mengetahui bahwa kunci kebahagiaan itu adanya di Takwa.

Barakallah li wa lakum fil qur’anil ‘adzim wa nafa’ani wa iyyakum bima fihi minal ayati wa dzikril hakim, wa taqobbala minni wa minkum tilawatahu innahu huwas sami’ul ‘alim”

Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh

20 Maret 2023

 

Artikel Terbaru

SYAHRU RAMADHAN

SYAHRU ROMADHON Dr. Suranto, M.Pd   Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh Alhamdulilahiladzi nazala alaikal kitaba bil haqqi. Syahru romadhonalazi ungzila fihil quraanu hudalinasi wabayinatimianl hudaa wal furqoon.

Selebihnya

Seminar kepenulisan

Pada tanggal 12 Januari 2023 Bertempat di Aula STKIP PGRI Metro di Gedung B lantai 2 STKIP PGRI Metro bekerjasama dengan Literasi Nusantara mengadakan MoU

Selebihnya

Ayo Gabung Bersama Kami